Manfaat Jeruk Nipis

Standard

Manfaat jeruk nipis – Buah yang satu ini selain segar untuk dijadikan minuman ternyata buah ini juga dapat dijadikan sebagai kecantikan dan kesehatan. Penjelasan singkatnya, nama ilmiah Citrus Aurantium merupakan nama dari jeruk nipis yang sering kita manfaatkan sebagai minuman tersebut. Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu dari jenis jeruk yang kaya akan manfaatnya. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau atau kuning ini kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dari segi kecantikan jeruk nipis pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan saat ini. Lihat saja banyak produk kecantikan yang mencamtumkan jeruk nipis sebagai bahan dasar dari produknya tersebut. Ya walaupun buah ini sudah familiar di kalangan masyarakat namun banyak orang juga yang awam akan manfaat dari buah yang satu ini. Biasanya orang-orang mengetahui manfaatnya dari nenek moyang yang telah turun temurun, seperti halnya manfaatnya untuk menyembuhkan penyakit batuk.

– Kandungan
Untuk itu mari kita telik beberapa kandungan dan manfaat dari buah yang manyegarkan tersebut. Pada umumnya masyarakat sudah banyak mengetahui akan kandungan vitamin C nya yang cukup besar tersebut. Namun ternyata masih banyak lagi kandungan-kandungan dari buah ini seperti halnya mineral yang dikandungnya. Dalam penelitian menunjukkan pada setiap 100 gram buah jeruk terdapat :
– asam askorbat 49 mg
– besi 0,4 mg
– fosfor 23 mg
– kalsium 33 mg
– mineral 0,5 g
– karbohidrat 11,4 g
– lemak 0,2 g
– protein 0,9 g
– kalori 51 kal, Dll

Ups masih banyak lagi ternyata, dalam penelitian tersebut juga menunjukkan kandungan lain yang di dalamnya seperti vitaim B1, belerang, asam sitrun, glikosida, damar, minyak atsiri (meliputi : nildehid, aktilaldehid, linali-lasetat, gerani-lasetat, kadinen, lemon kamfer, felandren, limonen, sitral), asam amino (lisin, triptofan), asam sitrat, minyak terbang, dll.

– Manfaat
Nah dikarenakan kandungan dari buah jeruk nipis yang begitu besar, banyak orang yang memanfaatkan buah jeruk tersebut sebagai buah alternatif kecantikan maupun obat. Banyak orang yang menyukai minuman yang terbuat dari jeruk nipis tersebut, hal ini karena iklim di indonesia termasuk ber iklim tropis makanya tak salah banyak orang yang menyukai buah tropis yang satu ini. Selain menyegarkan jeruk nipis sendiri dapat di jadikan sebagi obat atau kecantikan alternatif seperti :

– Kesehatan
Mengobati amandel
Mengobati sakit batuk
Mengobati ambeien
Mengobati influenza
Mengobati batu ginjal
Mengobati defteri
Mengobati demam atau flu
Mengobati tekanan darah tinggi
Mengobati datang bulan yang tidak teratur
Mengobati radang tenggorokan
Mengobati kurap atau panu
Mengobati demam/malaria
Mengobati vertigo
Mengobati sakit gigi
Mengobati pegal linu
Menambah setamina, dll.

– Kecantikan
Melangsingkan badan
Menghaluskan dan mencerahkan kulit
Menghilangkan ketombe
Membersihkan kuku agar cemerlang
Mengecilkan pori-pori kulit
Menghilangkan bau keringat
Sebagai bahan relaksasi
Menghilangkan jerawat pada muka
Menyamarkan noda hitam atau flek hitam
Meremajakan kulit, dll.

Namun dari banyaknya manfaat yang terkandung dari buah jeruk ini tidak langsung ces pleng dalam arti tidak langsung. Akan tetapi perlu waktu dalam menangani masalah masalah yang di atas tersebut. Walaupun tidak langsung cepat dalam satu hari kiranya dengan bahan alami tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaannya (kecuali bagi anda yang memiliki penyakit dan harus menjauhi buah jeruk). Memang tuhan itu tidak menciptakan sesuatu yang tidak bermanfaat. Lihat saja manfaat dari buah jeruk nipis itu sendiri. Nah untuk itu tidak ada salahnya kita kembali ke alam lagi seperti nenek moyang kita.

Sumber : di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s